Rabu, 27 Februari 2013

Diposting oleh : Ermawati Darmika (Palopo, Sulawesi Selatan)


: Posted on Rabu, 27 Februari 2013 - 03.33

Sayuran dan buah-buahan sudah lama digunakan sebagai bahan obat. Menggunakan bahan sayuran dan buah-buahan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit dianggap sebagai cara yang aman. Karena kedua bahan ini memang alami sejauh bukan jenis sayuran atau buah-buahan yang memang mengandung racun atau bibit penyakit, baik karena jenisnya atau karena sayuran dan buah-buahan itu sudah membusuk. Anda gemar makan sayuran dan buah-buahan? Sebaiknya memang iya. Karena kedua jenis makanan ini memiliki kandungan mineral, vitamin, dan zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Para ahli kesehatan dan ahli gizi sudah sejak lama memberikan anjuran agar sayuran dan buah-buahan dikonsumsi setiap hari. Ini cara yang penting untuk menjaga kesehatan. Dan Anda pasti sangat setuju juga, bukan?
Sayuran dan Buah-buahan. Medical Line
Disamping menjadi menu makanan yang sehat, sayuran dan buah-buahan juga sangat manjur untuk mengobati berbagai penyakit. Dan ini bisa jadi cara yang paling aman jika menggunakan sayuran dan buah-buahan segar sebagai obat. Dibawah ini beberapa contoh cara pengobatan menggunakan buah-buahan dan sayuran yang bisa kita lakukan sendiri jika suatu saat diperlukan. Semoga bermanfaat.

Wortel
Wortel terbukti bisa meningkatkan jumlah butir-butir darah dalam tubuh kita. Karena kemampuannya ini, wortel menjadi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan liver. Sering mengkonsumsi soup wortel murni? Sayur soup wortel murni bisa mengatasi sakit perut dan megnobati sembelit. Dan tentu saja banyak yang sudah tahu bahwa vitamin A yang banyak terdapat pada wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ada anjuran bahwa meminum satu gelas juice wortel segar setiap hari sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit demam, flu, dan bronchitis. Tapi ingat. Jangan terlalu banyak meminumnya, karena ada kemungkinan bisa berakibat keracunan karotene.

Bawang Merah
Minyak yang dibuat dari bawang merah diketahui sangat ampuh untuk membunuh kuman-kuman yang berada didalam maupun diluar tubuh. Bawang merah juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja system syaraf pada usus. Sangat membantu pada system pencernaan dan pembuangan empedu. Selain itu, bawang merah juga cukup baik untuk menurunkan tekanan darah. Tentu sangat berguna bagi penderita hypertensi. Menurut literatur kesehatan, bawang merah merupakan obat standard dalam penyembuhan demam dan selesma.

Apel
Buah apel banyak mengandung mineral, vitamin, asam amino, dan gula alami. Buah apel juga sangat baik untuk membantu kita agar bisa cepat terlelap pada waktu tidur. Disamping itu, buah apel bisa mengatasi masalah pencernaan dan pembilasan ginjal. Banyak juga yang menggunakan cuka sari buah apel untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya, masukkan dua sendok the cuka sari buah apel kedalam segelas air putih, lalu diaduk. Di minum setiap hari atau dua hari sekali. Dan buah apel juga diketahui sangat baik dikonsumsi untuk mengimbangi kelebihan kandungan kolesterol dalam darah.

Selada
Selada memiliki kandungan beberapa mineral. Misalnya yodium, potassium, besi, phosphor, tembaga kobalt, mangaan, zing, dan kalsium. Karena kandungan mineral-mineral itu, membuat selada sangat baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Sebaiknya lebih memilih kulit luar yang berwarna hijau untuk dikonsumsi. Dan bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, selada juga bisa sangat menolong. Caranya dengan dimasak perlahan-lahan selama 15 menit, dan dikonsumi secukupnya.

Kubis
Dari sekian banyak jenis sayuran, kubis dikenal memiliki paling banyak khasiat. Dapat digunakan sebagai kompres dengan cara meletakkannya pada lipatan kain tipis pengompres. Sebaiknya gunakan daun kubis yang berwarna paling hijau. Juga cukup baik untuk mengobati sakit liver, sakit usus, meriang, rasa pusing pada kepala, rheumatic, penyakit kulit, dan luka bakar. Caranya dengan ditumbuk halus dan dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit. Disamping itu, kubis juga bisa menyembuhkan rasa nyeri pada luka, jerawat, bisul, infeksi dan bengkak ringan.

Kentang
Kandungan gizinya banyak terletak pada bagian bawah kulitnya. Sebaiknya jangan terlalu tebal saat mengupas kulit kentang. Cukup dikerik pada bagian tipis di kulitnya. Bulatan irisan kentang yang ditempelkan di kening bisa meringankan sakit kepala (pusing). Juga bisa untuk menghilangkan lingkaran-lingkaran hitam di bawah mata dan menghilangkan bengkak pada kelopak mata.

Jeruk Limau
Limau dapat digunakan sebagai obat penangkal kudis. Juice limau dapat digunakan sebagai penyembuh infeksi system pernafasan. Sari limau yang telah diaduk dalam segelas air putih bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning. Tentunya dikonsumsi secara teratur hingga sembuh. Juice limau juga dapat membantu regenerasi liver, mengembalikan keseimbangan tubuh akibat gangguan zal alcohol. Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, sebaiknya meminum juice limau yang dicampur dengan air hangat atau dingin pada pagi hari. Minuman ini juga merupakan astringen yang dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi nyeri pada kerongkongan. Selain itu bisa mengatasi uterine haemorrhage setelah melahirkan.

Bawang Putih
Bawang putih punya dua khasiat yang cukup ampuh. Pertama, melancarkan saluran darah. Kedua, merupakan antibiotik yang cukup kuat. Sudah berabad-abad dikenal sebagai obat sakit demam, batuk, bronchitis, dan sakit pada kerongkongan. Juga digunakan untuk mengobati arthritis, rheumatic, sciatica, dan infeksi sinus. Caranya, gilinglah dua suing bawang putih, lalu dicampur dengan satu sendok teh madu murni, diminum selama 3 atau 4 hari berturut-turut. Bawang putih yang dimasukkan kedalam mentega dan madu bisa membantu dalam penyembuhan gangguan pada ginjal dan kandung kemih. Jika dicampur dengan susu, bawang putih baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sakit kepala.

Sledri
Daun sledri banyak mengandung chloride, sodium, dan potassium. Dalam dunia pengobatan, minyak sledri dikenal memiliki khasiat yang baik pada system urat syaraf, penyembuhan sakit encok dan rheumatic. Satu gelas kecil juice sledri yang dicampur dengan satu sendok teh madu murni bisa menambah nafsu makan.

Produk dan Peralatan kesehatan yang Anda butuhkan :
PERLENGKAPAN OLAHRAGA
PERALATAN MEDIS

Share this article :

Copyright © 2013. Medical Line | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Medical Line