Senin, 06 Mei 2013

Diposting oleh : Ermawati Darmika (Palopo, Sulawesi Selatan)


: Posted on Senin, 06 Mei 2013 - 04.09

Para ibu yang baru melahirkan bayinya sering mengeluhkan tentang banyak perubahan pada kesehatannya yang umumnya terasa tidak menyenangkan bagi si ibu. Ini dikarenakan pada masa kehamilan banyak terjadi perubahan pada si ibu secara biologis dan psikologis. Lalu, apa saja gangguan kesehatan yang sering dialami oleh para ibu setelah mereka melahirkan bayinya? Baca artikel kesehatan pada halaman Medical Line yang diposting oleh Ermawati Darmika, seorang bidan pada RSUD Sawerigading, Palopo, Sulawesi Selatan.
Ibu dan Bayi. Medical Line
Inilah Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Setelah Melahirkan

Kehamilan adalah perubahan besar bagi tubuh wanita. Itu sebabnya, kehamilan meninggalkan jejak pada tubuh bahkan setelah kelahiran anak. Wanita rentan terhadap beberapa masalah kesehatan setelah kehamilan dan persalinan, yang dapat membuat hidupnya sebagai ibu baru menjadi lebih sulit. Ada banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, baik hormon maupun perubahan bentuk tubuh. Tidak heran bila setelahnya ada banyak masalah kesehatan yang kerap dirasakan oleh wanita.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang sering dialami wanita setelah kehamilan dan melahirkan, seperti dilansir Boldsky:

1. Sakit punggung
Nyeri punggung hampir epilog dengan kehamilan. Persalinan caesar, normal, atau epidural akan menyebabkan nyeri punggung setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran anak. Wanita perlahan-lahan dapat pulih dari masalah ini dengan melakukan latihan yang relevan.

2. Osteoporosis
Jika wanita tidak mendapatkan kalsium yang cukup selama kehamilan, tulangnya akan kehilangan kalsium setelah kelahiran anak. Hal ini terutama berlaku untuk wanaita yang hamil di usia 30-an dan 40-an.

3. Batu empedu
Selama kehamilan, hormon progesteron disekresi dalam jumlah besar. Hormon ini menghambat sekresi cairan empedu, dan kekurangan cairan empedu menyebabkan pembentukan batu di kandung empedu. Itulah sebabnya batu kandung empedu cukup umum dialami wanita selama dan setelah kehamilan.

4. Hernia
Jika wanita bersalin melalui jalan caesar dan kurang istirahat, maka berisiko mengalami hernia. Hernia adalah massa daging yang tumbuh dari bagian di mana perut wanita dipotong terbuka.

5. Depresi
Post partum depression adalah salah satu masalah kesehatan emosional yang serius dan dialami banyak wanita pasca melahirkan. Kadar hormon wanita tiba-tiba turun, rambut rontok dan tidak bisa menerima bahwa berat badannya naik. Hal ini menyebabkan depresi klinis yang kadang-kadang membutuhkan perhatian medis.

6. Mastitis
Mastitis adalah infeksi payudara umum yang menyebabkan rasa sakit dan demam. Jika wanita mengalami kondisi ini, sebaiknya berhenti menyusui bayi terlebih dahulu. Hal ini dapat disembuhkan dengan bantuan antibiotik.

health.detik.com

Produk dan Peralatan kesehatan yang Anda butuhkan :
PERLENGKAPAN OLAHRAGA
PERALATAN MEDIS

Share this article :

Copyright © 2013. Medical Line | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Medical Line