Minggu, 26 Mei 2013

Diposting oleh : Ermawati Darmika (Palopo, Sulawesi Selatan)


: Posted on Minggu, 26 Mei 2013 - 06.41

Informasi Kesehatan: Kekurangan zat yodium pada ibu yang sedang hamil berisiko akan melahirkan bayi yang kurang cerdas, setidaknya demikian yang telah diungkap sebuah hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah The Lancet. Kekurangan yodium yang serius dianggap sebagai penyebab utama kerusakan otak dan berakibat fatal pada kecerdasan si bayi yang dilahirkan oleh ibu yang menderita kekurangan yodium.
Ibu Hamil. Medical Line
Kekurangan yodium pengaruhi kecerdasan anak

Para peneliti mengatakan kekurangan yodium saat hamil bisa berdampak serius terhadap perkembangan mental bayi. Satu kajian di Inggris menemukan bahwa IQ dan nilai pelajaran membaca murid-murid sekolah dasar cenderung lebih rendah jika ibu-ibu mereka tidak banyak mengkonsumi makanan yang mengandung banyak yodium, seperti ikan dan produk olahan susu. Kesimpulan ini, yang dimuat di jurnal ilmiah The Lancet, didapat dari kajian terhadap 1.000 keluarga di Inggris.

Dari kajian ini terungkap bahwa dua pertiga wanita yang hamil tidak mengkonsumi cukup yodium dan ternyata kecerdasan anak-anak mereka pada usia delapan tahun tiga poin lebih rendah dari anak yang terlahir dari ibu yang memakan yodium dalam jumlah mencukupi.

Para ahli dari Universitas Bristol dan Universitas Surrey yang melakukan kajian ini menganjurkan wanita yang hamil sebaiknya menghindari makanan tambahan dari rumput laut karena akan membuat kandungan mineral di tubuh terlalu tinggi.

Kekurangan yodium yang parah dianggap sebagai penyebab terbesar kerusakan otak, kasus medis yang sebenarnya bisa dicegah, di berbagai negara di dunia. Di banyak negara yodium ditambahkan ke garam namun Departemen Kesahatan di Inggris mengatakan langkah ini tidak akan diterapkan di Inggris, setidaknya dalam beberapa waktu mendatang.

www.bbc.co.uk

Produk dan Peralatan kesehatan yang Anda butuhkan :
PERLENGKAPAN OLAHRAGA
PERALATAN MEDIS

Share this article :

Copyright © 2013. Medical Line | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Medical Line