Jumat, 12 Oktober 2012

Diposting oleh : Ermawati Darmika (Palopo, Sulawesi Selatan)


: Posted on Jumat, 12 Oktober 2012 - 18.27

Migrain Menstrual
Migrain Karena Menstruasi

Konsumsi coklat, keju, ataupun penyedap rasa (MSG) berlebihan bisa memicu serangan nyeri kepala migrain. Jika menstruasi merupakan pencetus serangan migren maka dinamakan migrain menstrual. Seperti yang dialami Nn W (18 tahun) yang datang berobat ke dokter dengan keluhan nyeri kepala. Nyeri kepala muncul episodik, kurang lebih 2 kali seminggu. Nyeri kepala kadang hanya satu sisi, kadang pula di dua sisi.

Bila serangan nyeri kepala muncul, maka nyeri sangatlah berat. Nyeri kepala disertai rasa mual dan muntah. Rangsang cahaya atau suara akan memperberat nyeri kepala. Pada saat sebelum, saat, ataupun sesudah menstruasi, maka frekuensi dan intensitas nyeri kepala akan dirasakan lebih berat.

Kasus yang dialami oleh Nn W diatas adalah bentuk nyeri kepala migrain. Nyeri kepala migrain terjadi secara episodik, tidak terus-menerus. Pada saat serangan, nyeri dirasakan cukup hebat dan seringkali mengharuskan pasiennya untuk beristirahat total. Aktivitas fisik yang ringan sekalipun akan memacu nyeri kepala yang lebih hebat. Migrain disertai pula oleh rasa mual dan muntah. Rangsangan cahaya ataupun suara akan memperberat serangan nyeri kepala, sehingga pada umumnya pasien akan lebih senang mengurung diri di dalam kamar.

Bentuk nyeri kepala migrain yang diperberat oleh menstruasi. Bentuk nyeri kepala ini disebut dengan migren menstrual. Hormon estrogen memiliki peran yang sangat besar pada nyeri kepala migrain. Kurang lebih 60% perempuan penderita migren akan mengalami serangan nyeri kepala sesaat sebelum atau selama menstruasi.

Pada sebagian besar kasus, serangan akan muncul 1 atau 2 hari sebelum mulai menstruasi sampai dengan hari ketiga menstruasi. Masa kritis lain munculnya serangan migrain adalah pada saat ovulasi. Hormon estrogen memiliki pengaruh besar pada ambang nyeri seseorang. Hormon estrogen yang menurun secara mendadak dihubungkan dengan peningkatan intensitas nyeri.

Konsumsi pil KB akan memacu turunnya estrogen secara mendadak pada saat mulainya siklus menstruasi. Hal inilah yang menerangkan mengapa pemakaian pil KB akan memperparah serangan migrain. Sebagian besar penderita migrain akan mengalami perbaikan gejala pada saat menopause.

Bagaimana cara mengetahui migrain menstrual?

Salah satu langkah penting dalam penanganan nyeri kepala migrain adalah mengidentfikasi faktor pencetus serangan. Pada banyak kasus makanan tertentu akan memacu serangan migrain. Konsumsi coklat, keju, ataupun penyedap rasa (MSG) berlebihan dihubungkan dengan munculnya serangan nyeri kepala migrain.

Pada kasus menstrual migrain, maka menstruasi merupakan pencetus serangan migren. Pada tahun 2008 dikembangkan suatu alat ukur berupa kuesioner singkat untuk menentukan suatu migrain menstrual yang disebuat MMAT (Menstrual Migraine Assessment Tools).

Kuesioner ini terdiri dari 3 pertanyaan sebagai berikut :
  1. Apakah nyeri kepala anda berhubungan dengan menstruasi Anda terjadi 2 hari sebelum menstruai sampai dengan hari ketiga menstruasi?
  2. Bila saat menstruasi, apakah nyeri kepala Anda menjadi lebih hebat?
  3. Bila saat menstruasi, apakah cahaya ringan akan jauh lebih mengganggu Anda dibanding saat tidak menstruasi?
Bila pertanyaan 1 jawabannya adalah ya, maka pertanyaan 2 dan 3 baru dijawab. Penelitian Tepper, dkk (2008) pada 250 perempuan menunjukkan bahwa alat ukur sederhana ini mampu mendeteksi migrain menstrual dengan akurat. Jawaban ya pada pertanyaan 1 dan yang lain memiliki sensitivitas sampai dengan 94%.

Apakah yang dapat dilakukan jika kena migrain menstrual?

Salah satu langkah penting dalam penanganan migrain adalah mengenali dan menghindari pencetus serangan migrain. Pada kasus migrain menstrual, hal ini sangat sulit dilakukan. Periode menstruasi tidaklah dapat dielakkan, kecuali pada keadaan hamil atau menopause.

Ada beberapa langkah penting yang dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan intensitas serangan migrain menstrual dilakukan menjelang menstruasi yaitu:

1. Makanlah dengan seimbang secara teratur.
Hindarilah perut kosong, kadar glukosa darah yang rendah akan memacu serangan nyeri kepala. Hindari pula makan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak akan memicu penurunan gua darah yang sangat cepat 2-3 jam sesudah makan karena terpacunya hormon insulin. Penurunan gula darah yang sangat cepat juga akan memacu migrain.

2. Minumlah yang cukup.
Dehidrasi akan memacu serangan migrain.

3. Tidur yang cukup.
Kekurangan tidur atau terlalu banyak tidur akan memacu serangan migrain.

4. Hindarilah makanan atau minuman yang dapat memicu serangan migrain.
Makanan yang diawetkan, terlalu asin, atau terlalu manis dapat memacu serangan migren. Minuman beralkohol dan bersoda dapat pula memacu serangan migrain.

5. Berolahraga ringan dapat membantu mencegah serangan migren.
Beberapa teknik relaksasi juga dapat membantu mencegah munculnya serangan migren.

6. Gunakan obat anti nyeri.
Apabila serangan migren tetap terjadi dapat diberikan obat anti nyeri sebagai terapi abortif misalnya: parasetamol, asam mefenamat, ataupun ibuprofen.

Bila serangan seringkali terjadi, anda dapat minum obat pencegah serangan migren (misalnya: amitriptilin, flunarizin). Terapi bersifat individual. Diskusikan terapi yang paling cocok untuk anda dengan dokter yang merawat Anda.

health.detik.com

Produk dan Peralatan kesehatan yang Anda butuhkan :
PERLENGKAPAN OLAHRAGA
PERALATAN MEDIS

Share this article :

Copyright © 2013. Medical Line | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Medical Line